Pelepah Sawit

Pasamanbarat.com – KERINCI KANAN – Saat ini sektor perternakan banyak memakai pakan ternak dari pelepah sawit yang digiling dengan menggunakan mesin khusus. Perkembangan peternakan di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Kerinci Kanan semakin meningkat dan sudah banyak kemajuan yang sangat berarti bagi petani peternakan yang selama ini hanya menggunakan rumput alam yang sudah semakin tipis.

Dengan adanya teknologi baru sudah bisa pelepah kelapa sawit dapat digunakan untuk pakan ternak pada saat ini, merupakan hal yang sangat menjanjikan.
Kepala Desa Bukit Harapan, Mundir Hasyim, Kamis (13/12) menjelaskan untuk sektor peternakan sudah semakin meningkat di Desa Bukit Harapan. Dengan meningkatnya peternakan di Desa Bukit Harapan, termasuk daerah percontohan peternakan di Kabupaten Siak dan terpilihnya Desa Bukit harapan dilihat dari tingginya populasi peternakan.
‘’Desa Bukit Harapan hanya dengan menggunakan pakan ternak dari pelepah sawit dan juga ditambah dengan konsetrat lainnya,’’ terang Mundir.
Dikatakan dia, semakin berkembangnya sektor peternakan di Desa Bukit Harapan tentunya mendapat nilai positif bagi masyarakat untuk lebih meningkatkan pendapatan masyarakat yang selama ini hanya mengandalkan dari sektor perkebunan kebun sawit. Apalagi sebentar lagi sudah memasuki tahap repelanting kebun sawit milik masyarakat.
“Jadi masyarakat nantinya akan menggantungkan hidup disektor peternakan yang pada saat ini semakin meningkat. Selain itu, kita juga sangat mengharapkan adanya dukungan dari Pemkab Siak untuk dapat lebih mendukung dalam pengembangan peternakan di Desa Bukit Harapan agar kedepannya lebih maju lagi dalam mencapai swasembada daging di Kabupaten Siak,’’ tukasnya.(adi)

 

 

 

Sumber: dumaipos.com