Rombongan Provinsi Asisten III Sumbar didampingi Wakil Bupati Pasbar H. Syahrul Dt Marajo dan Sekretaris Daerah Pasbar H. Yulrizal Baharin pembukaan MTQ tingkat kabupaten Pasaman barat di Talu Kecamatan Talamau.

Pasamanbarat.com – Pembukaan Musyabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) ke-7 tingkat Kabupaten Pasbar yang berlangsung di Kecamatan Talamau, Jumat 30 November 2012, langsung dibuka Gubernur Sumbar, H.Irwan Prayitno, yang diwakili Asisten III Provinsi Sumbar, Sudirman Gani, Kamenag Sumbar Ismalil Usman, Kamenag Pasbar, Abdel Haq, di dampingi wakil bupati setempat, H. Syahrul Dt. Marajo. Acara religius itu dibanjiri massa, dan setiap tahapan pelaksanaan acara berlangsung sukses dan hikmat.

Pantauan di tempat acara, sejak pagi warga setempat telah mulai berdatangan kelokasi pembukaan acara, baik yang seiring dengan kedatangan kafilah masing-masing kecamatan maupun para warga dan sejulah tikoh adat, agama dan pemuda yang ada di kabupaten itu.

Massa terlihat berdesakan untuk bisa menembus garis terdepan dari tempat acara yang dilakukan di depan Mess Pemda yang ada di kecamatan setempat. Ada yang berhasil menembus barisan depan dan ada juga yang pasrah berada di sepanjang jalan  ibu kota kecamatan itu. Mereka semuanya berpakaian muslim dan muslimah dan bagi yang berada di barisan pemangku adat semuanya berkaian adat.

Hiruk pikuk marcing band, keramaian Bazar, dan tempat pemangku adat terlihat begitu menjadi pusat perhatian warga yang datang. Karena hal itu membuktikan hidupnya tatanan adat di daerah setempat. Lain lagi dengan posisi yang diduduki alim ulama dan cadiak pandai yang terdahulu di persiapkan panitia pelaksana.

Kehangatan pembukaan acara terlihat lebih semarak lagi, ketika rombongan Wakil Bupati H.Syahrul Dt. Marajo, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabag, Camat, Walinagari, kepala jorong se-Pasbar yang mengiringi rombongan dari Provinsi Sumbar. Sesampai dilokasi rombongan disambut dengan maraknya tari pasambahan dan marcing band yang semula telah menampakkan kebolehannya di depan pengunjung yang sejak awal ada dilokasi acara.

Tidak lama kemudian, rangkaian acara mulai dilaksanakan, yang diawali dengan pembacaan gema wahlu Ilahi dan pengibaran bendera LPTQ yang diiringi dengan mars MTQ. Laporan panitia, yang berisi penyampaian  bentuk perlombaan yang akan dilakukan yakni, Tilawah, Tartil, Tilawah tingkat TK, MSQ, MFQ, Kitab Standar, Hifzil, Bintang Kasidah dan Khutbah Jumat.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Kakan kamenag Pasbar, Abdel Haq, Sambutan Wakil Bupati, Syahrul Dt. Marajo,  dan sambutan serta pembukaan MTQ secara resmi atas nama Gubernur Sumbar. Hingga acara selesai warga tetap sabar menyaksikan rangkaian acara apalagi didukung dengan cuaca yang tidak begitu panas.

Wakil bupati Pasbar, dalam pidatonya menyampaikan MTQ tingkat kabupaten tersebut diharapkan dapat dijadikan ajang untuk mencari Qari dan Qariah untuk mewakili Pasbar ke MTQ tingkat Provinsi Sumbar yang bakal dilakukan tahun 2013 di daerah setempat.

Untuk mandapatkan hasil yang maksimal diharapkan kepada seluruh dewan juri atau tim penilai memberikan penilaian yang sesungguhnya. Sehingga hasil yang akan digapai benar-benar dapat mencari yang terbaik dari seluruh peserta.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat setempat dan juga para panitia yang telah berhasil membawa acara itu sengan sukses hingga pembaukaan berlangsung. Diharapkan acatar bergengsi tingkat kabupaten tersebut sukses dan lancar hingga akhir nanti.

Kepada seluruh masyarakat diharapkan dapat mendapat intisari dari pelaksanaan acara itu dalam kehidupan sehari-hari. Al-Quran harus dijadikan sebagai pedoman hidup, dimana saja kita berada dan apapun aktifitas kita sehari-hari. Baik sebagai petani, pegawai dan lainnya.

Cerminan nilai-nilai Al-Qur’an akan dapat membimbing kepada jalan yang benar, dan diridoi Allah SWT. “Warga sukses  pembangunan Pasbarpun akan semakin terlihat menuju kemaslahatan umat”, katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, H. Irwan Prayitno yang diwakili Asisten III, Sudirman Samin, mengapresiasi semarak pembukaan MTQ  yang dilakukan di Talu Kabupaten Pasbar.  Hal itu sebagai bukti kesungguhan masyarakat untuk mensukseskan acara tersebut, termasuk bukti nyata keseriusan warga menggalang berbagai acara yang Isalmi di daerah setempat.

Kesuksesan acara tersebut ia harapkan juga bakal terlihat implementasinya ditengah masyarakat dalam hidup sehari-hari dalam menunjang berbagai program pembangunan, untuk mensejahterakan masyarakat.

MTQ merupakan sarana untuk meningkatkan kekokohan mental spritual masyarakat, dan pedalaman pemahaman akan kandungan Al-Quran. Semoga saja apa yang terlihat pada saat acara pelantikan juga akan terbukti eksesnya di tengah masyarakat nantinya.

Untuk itu lanjutnya, atas nama Gubernur Sumbar ia membuka acara MTQ tingkat Kabupaten Pasbar ke-7 secara resmi.

Sementara itu, Sekretaris Umum, H. Getri Hardenis, Humas, Hendrizon dan Adrizal, serta Camat Talamau, Syafruddin, menyampiakan kesuksesan acara tersebut berkat kerjasama seluruh panitia dan warga Pasbar secara umum. Semua terlihat memahami apa yang diharapkan bupati setempat, H. Baharuddin, R untuk menjadikan momen acara sebagai wadah pembuktikan visi misi Membangun Pasbar di Atas Tadah Agama Menuju Kemaslahatan Ummat.

Mereka yakin pelaksanaan acara akan berlangsung aman, tertib dan lancar hingga selesai hingga Minggu depan. Yang tidak kalah pentingnya MTQ tingkat kabupaten itu juga akan bisa mendapatkan qari dan qariah terbaik buat utusan kabupaten di ajang MTQ tingkat Sumbar nanatinya.

Disampaikannya, acara MTQ saat itu di hadiri 566 orang peserta dan offisial dari 11 kecamatan yang ada di kabupaten setempat. Terdiri dari Kecamatan Talamau 55 orang, Sungai Beremas 48 orang, Pasaman 48 orang, Lembah Melintang 55 orang, Kinali 35 orang, Gunung Tuleh 42, Ranah Batahan 42 orang Sungai Aur 49 orang, Koto Balingka 31 orang, Luhak Nan Duo 45 orang dan Kecamatan Sasak Ranah Pasisie 40 orang.

Sebelumnya panitia pelaksana telah menyiapkan berbagai acara tersebut, dengan harapan perhelatan religius itu lebih semarak dan berkesan buat daerah setempat seperti saat ini,”Ini harapan masyarakat dan pesan sejak dini dari bupati Pasbar, H. Baharuddin, R,”, katanya.(humas/nep)

 

 

 

Sumber: pasamanbaratkab.go.id